Berita Terkini

Bendowulung-Sanankulon, Hari Minggu tanggal 30 Mei 2021 Pemerintah Desa Bendowulung Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar gelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penetapan Hasil Pemutakhiran Data SDGs Desa Tahun 2021 di Balai Desa Bendowulung.
Musdesus dipimpin ketua BPD Bendowulung dengan didampingi Kepala Desa, Pendamping Desa Kecamatan Sanankulon dan paparannya dilakukan oleh Sekdes selaku Ketua Tim Pokja Pemutakhiran Data SDGs Desa.

Dalam sambutanya Kepala Desa Bendowulung, Edy Subagyo menyampaikan adanya Musdesus penetapan hasil pemutakhiran data desa bertujuan untuk memperoleh data yang valid, objektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian data tersebut dapat digunakan sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan desa berikutnya.
Edy Subagyo juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pokja Pemutakhiran Data SDGs Desa atas keberhasilan dalam menyelesaikan pendataan tersebut. Hal itu tidak terlepas dari kerja keras tim yang tidak mengenal lelah, meskipun dalam keadaan berpuasa di bulan suci ramadan, serta dukungan penuh Pemerintah Desa.

Terkait hal ini, Edy Subagyo berharap hasil pemutakhiran data dapat mewujudkan perencanaan pembangunan berbasis data. Pasalnya, data SDGs Desa penting karena berdasarkan informasi milik desa, sehingga pendataan SDGs Desa dilaksanakan dengan metode sensus partisipatoris.
Secara rinci terdapat 4 instrumen yang digunakan.
Pertama, sensus pada level desa, yakni dengan instrumen kuesioner desa, serta pendata perangkat desa yang mengisi kuesioner sesuai keadaannya.
Kedua, sensus pada level Rukun Tetangga (RT), dengan instrumen kuesioner RT dan pendata Ketua RT yang mengisi kuesioner sesuai keadaannya.
Ketiga, sensus pada level keluarga dengan instrumen kuesioner keluarga dan pendata anggota Pokja Relawan Pendata Desa yang bertugas menanyakan ke keluarga pada satu RT.
Keempat, sensus pada level individu dengan instrumen kuesioner individu dan pendata anggota Pokja Relawan Pendata Desa yang bertugas menanyakan kepada anggota keluarga pada satu RT.

Sebagai informasi, pemutakhiran data berbasis SDGs desa merupakan program yang dicanangkan oleh Kemendes PDTT. Hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data. Pemutakhiran data telah berlangsung sejak 1 Maret 2021 dan akan berakhir pada 31 Mei 2021. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail dan lebih mikro. Dengan begitu, upaya ini dapat memberikan informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan karena berisi data pada level RT, keluarga, dan individu.(Pemdes Bendowulung)

30/05/2021